Sahuleka dan Lumoly Berjuang ke Final; Anak Maluku Mendominasi Arena Tinju PON Papua

oleh -24 views
Ketua Harian PB Pertina Letjen TNI Jeffry Rahawarin bersama tim tinju Jawa Barat yang kebanyakan anak-anak Maluku. Rahawarin juga ternyata Pembina Pertina Jabar. -dok pribadi-

satuambon.com – Hari ini, Senin 11 Oktober 2021, dua petinju Maluku yakni Novi Sahuleka dan Yulius Lumoly akan turun bertanding di partai semifinal cabor tinju PON XX 2021 Papua.

Partai semifinal yang dilaksanakan di GOR Cendrawasih Jayapura hari ini mempertandingkan 16 kelas. Yang partai pembukanya dimulai dari kelas 48-52 kg pada pukul 14.00 WIT.

Petinju Maluku Novi Sahuleka di kelas 48-52 kg bertanding di partai pembuka. Novi akan melawan petinju Pelatnas Aldom Suguro dari DKI.

Pertarungan Novi vs Aldom ini bakal ramai. Karena meskipun Aldom adalah petinju Pelatnas, namun Novi juga bukan petinju baru. Ia juga sudah berpengalaman di even-even nasional.

Sedangkan Yulius Lumoly di kelas 52-56 kg sesuai jadwal bertanding di partai ketiga. Lumoly akan berhadapan dengan petinju NTT Lucky Mirah untuk perebutkan satu tiket final.

“Novi lawan Aldom pasti ramai. Tergantung kesiapan mental dan semangat tanding. Aldom dan Novi sama-sama peluang ke final. Kita juga berharap Yulius Lumoly tampil maksimal dan lolos ke final,” ungkap Wakil Ketua Pertina Maluku, Ongky Nanulaita kepada media ini Minggu (10/10/2021) malam.

Sebelumnya petinju putri Maluku di kelas 60-64 kg, Welmy Pariama telah berhasil melaju ke babak final tinju PON XX Papua, Minggu (10/10/2021).

Ini setelah di babak semifinal, Welmy menghentikan pesaingnya Yamina Babingga dari Papua Barat dengan RSC (Reffere Stop Contest) atau wasit menghentikan pertarungan di ronde ketiga karena tidak ada perlawanan.

Di partai final nanti, nona Kamariang Seram Bagian Barat ini, akan berhadapan dengan Salomina Yerisitouw dari Papua.

Sementara itu, dari daftar 16 partai semifinal Senin ini, selain Novi Sahuleka dan Yulius Lumoly, ternyata didominasi anak-anak Maluku yang membela kontingen provinsi lain.

Mereka diantaranya Simon Makerawe (Jabar), Alfino Caesar Nanlohy (Jabar), Michael Robert Muskita (Jabar), Bram Hendra Betaubun (Jabar), Gresti Alfons (Papua), Wilis Boy Riripoy (Jateng) dan Erico Kevin Amanupunyo (Papua).

Itu belum termasuk para petinju yang sudah lolos ke partai final dan juga akan bertanding di semifinal berikutnya. Nama lain juga seperti Ona Paays (Papua) dan Gracia Kaihatu (Jabar).

“Di tim tinju Jawa Barat itu, ada sekitar 10 petinju yang anak Maluku. Mereka banyak yang lolos ke semifinal,” ungkap Ketua Harian PB Pertina Letjen TNI Jeffry Rahawarin, yang juga sebagai Pembina Pengprov Pertina Jabar kepada media ini Sabtu malam. (novi pinontoan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.