8 Anak Maluku Berlaga di Final Tinju PON Papua, 4 Petinju Pernah Wakili Maluku di PON Jabar 2016

oleh -22 views
Petinju Maluku Yulius Lumoly saat bertanding dengan petinju NTT Lucky Hari di baban semifinal Tinju PON Papua, Senin (11/10/2021).

satuambon.com – Sebanyak delapan petinju berdarah Maluku terdiri dari enam petinju putra dan dua petinju putri akan bertarung di Final Tinju PON Papua.

Mereka akan mewarnai 17 partai final yang digelar pada Rabu (13/10/2021).

Kedelapan petinju berdarah Maluku ini maju ke final setelah mengalahkan lawan-lawannya dari provinsi lain pada babak semifinal yang dilaksanakan Senin (11/10/2021).

Sayangnya, dari delapan petinju tersebut, hanya dua yang mewakili Provinsi Maluku di PON Papua yakni Yulius Lumoly dan Welmy Pariama. Sedangkan sisanya, membela provinsi lain.

Rinciannya Alfino Nanlohy, Michael Muskita dan Bram Betaubun (Jawa Barat), Willis Riripoy (Jawa Tengah), serta Ona Paays dan Erico Amanupunyo mewakili Papua.

Dari delapan petinju tersebut, enam bermain di berbagai kelas berbeda. Sedangkan Erico Amanupunyo dan Willis Riripory akan baku pukul di kelas berat untuk meraih medali emas.

Yang mengenaskan lagi, empat dari delapan anak Maluku yang akan bertarung di final PON Papua, sebelumnya berada dalam satu skuad mewakili Provinsi Maluku di PON XIX Jawa Barat tahun 2016 lalu.

Mereka adalah Yulius Lumoly, Bram Betaubun, Welmy Pariama dan Ona Paays. Saat ini Bram Betaubun dan Ona Paays tak lagi mewakili Maluku, mereka sudah pindah ke Jawa Barat dan Papua.

Ketua Harian PB Pertina Letjen TNI Jeffry Rahawarin bersama tim tinju Jawa Barat yang kebanyakan anak-anak Maluku. Rahawarin juga ternyata Pembina Pertina Jabar. -dok pribadi-

Bram Betaubun sendiri secara terang-terangan mengakui kepindahannya ke Jawa Barat karena merasa pengabiannya di tinju tidak diapresiasi oleh pemerintah Maluku.

Bram yang sudah malang melintang di ajang internasional itu akhirnya menerima tawaran menjadi honorer di Kabupaten Bogor pada 2018. Sejak itulah, Bram kemudian mewakili Provinsi Jawa Barat di ajang-ajang nasional, termasuk kali ini di PON Papua.

Ketua Harian PB Pertina Letjen TNI Jeffry Rahawarin, yang juga sebagai Pembina Pengprov Pertina Jabar mengungkap di tim tinju Jawa Barat  ada sekitar 10 petinju yang notabene anak Maluku.

“Mereka banyak yang lolos ke semifinal,” ungkapnya.

Berikut Partai Final yang melibatkan anak Maluku:

PUTRI

  1. KELAS 45 PUTRI : Ona Paays (Papua) X Angelina Niis (NTT)
  2. KELAS 64 PUTRI : Welmy Pariama (Maluku) X Salomina Yarisetouw (Papua)

 

PUTRA

  1. BANTAM : Yulius Lumoly Maluku X Yulius Bria (Bali)
  2. WELTER RINGAN: Alfino Nanlohy (Maluku) X Farrand Papendang (Sulawesi Utara)
  3. MENENGAH: Michael Muskita (Jawa Barat) X Cakti Putra (Bali)
  4. BERAT RINGAN: Bram Betaubun (Jawa Barat) X Toar Sompotan (Sulawesi Utara).
  5. BERAT: Willis Riripoy (Jawa Tengah) X Erico Amanupunyo (Papua)

(m-15/novi pinontoan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.